Mengenal Rangka eSAF Pada Sepeda Motor Honda

Pernah mendengar kata eSAF? Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) merupakan teknologi rangka terbaru Honda yang disematkan pada Honda Beat dan Genio.

Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka eSAF ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas luas bagasi yang mencapai 14 L dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L dari Honda Genio.

Dikutip dari Kompas.com rangka eSAF memiliki 4 kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

Lebih Ringan

Pembuatan rangka ini bukan lagi menggunakan pipa tetapi pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya. Sebanyak 34 komponen dihilangkan dalam penggabungan ini, sehingga rangka tampak lebih simpel. Secara bentuk, rangka hanya terdiri dari rangka utama (underbone) dan tambahan dua tulang bagian belakang (sub frame). Karenanya, bobot rangka jadi lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya. “Rangka yang lebih ringan ini membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman dan mudah khususnya ketika bermanuver. Bobot motor juga berkurang, atau tidak berat,” kata Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Lebih Kuat dan Minim Deformasi

Meskipun lebih ringan, eSAF diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan rangka sebelumnya, karena menggunakan bahan steel atau baja. “Berdasarkan uji internal, sasis lebih tahan dari defleksi atau pembengkokan saat dikendarai.

Meningkatkan Kapasitas Tangki dan Bagasi

Rangka eSAF mampu memberikan pemanfaatan ruang yang semakin efisien, dalam hal ini adalah luas bagasi dan tangki bahan bakar.

Efisiensi Bahan Bakar

Bobot kendaraan berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, penggunaan rangka eSAF mampu membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien.

Canggih bukan, yuk dicek promo kami di halaman Promo ada promo super buat kamu yang lagi butuh sepeda motor Honda.

source 1: https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/11/094200415/4-kelebihan-rangka-esaf-pada-motor-honda?page=all

source 2 : https://www.gooto.com/read/1246390/simak-teknologi-yang-diusung-rangka-esaf-di-honda-genio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
Salam Satu Hati, ada yang bisa kami bantu?