Motormu Brebet Ketahui Penyebabnya

Kamu pernah mengalami ketika lagi nyante bawa motor tiba-tiba motormu brebet. Beberapa kasus motor yang sering terjadi salah satunya adalah Brebet, dimana hal tersebut bukan hanya bisa terjadi pada RPM rendah saja, akan tetapi kadangkan kejadian ketika motor kamu berada pada RPM tinggi. Hal ini selain mengganggu kenyamanan berkendara kita, tetapi juga sangat berbahaya kalau sampai mesin mati di tengah jalan.

Nah kali ini mimin mau bahas penyebab motor menjadi brebet. Yuk disimak.

Filter BBM Kotor

Filter BBM merupakan bagian utama dari jalan masuknya BBM ke sektor mesin. Sehingga jika  filter BBM dalam kondisi kotor menyebabkan proses masuknya BBM ke mesin terganggu yang menyebabkan brebet.

Fuel Pump Kotor

Saat fuel pump dalam kondisi kotor menyebabkan tekanan BBM menjadi tidak beraturan sehingga tekanannya bisa terlalu tinggi atau juga  tekanan terlalu lemah. Selain di bersihkan, kekencangan fuel pump juga harus di cek kembali, jika kendor, sobat bisa mengencangkannya lagi untuk menormalkan tekanan bahan bakar.

Filter Udara Kotor

Proses pembakaran pada motor memerlukan udara. Sebelum udara masuk ke dalam proses pembakaran, udara melalui sebuah filter untuk disaring terlebih dahulu. Kondisi filter udara yang kotor menyebabkan jumlah udara yang masuk menjadi tersendat sehingga jumlah udara yang dibutuhkan dalam pembakaran menjadi terganggu. Hal inilah yang menyebabkan tarikan sepeda motor kamu jadi brebet.

Karburator/Ijektor Kotor

Kondisi karburator/injektor kotor menyebabkan aliran BBM tidak lancar masuk ke mesin. Hal inilah yang menyebabkan kondisi brebet padan mesin kamu.

BBM Bercampur Dengan Air

BBM tercampur dengan air bisa disebabkan saat mencuci motor dengan air bertekanan yang menyebabkan air masuk ke tangki BBM atau saat menerobos banjir. Jika BBM bercampur dengan air menyebabkan mesin tidak bekerja dengan maksimal sehingga timbul brebet dan mesin mati.

Untuk mencegah sepeda motor kesayanganmu mengalami brebet jangan lupa service secara rutin agar kondisi mensinnya selalu dalam kondisi optimal. Untuk service sepeda motor Honda percayakan pada Heronusa. Di Heronusa bisa booking service dan service jemput online lho. Kamu tinggal kunjungi website Heronusa kemudian kunjungi menu Booking Service atau Service Jemput kemudian lengkapi formnya dengan data yang valid. Atau kamu bisa download Heronusa App. Tersedia di google play dan app store.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
Salam Satu Hati, ada yang bisa kami bantu?