Seberapa Penting Memanaskan Motor Sebelum Dikendarai?

Memanaskan sepeda motor dipagi hari merupakan sebuah rutinitas wajib bagi banyak pemilik sepeda motor sebelum digunakan untuk bepergian. Untuk yang masih menggunakan sepeda motor dengan starter kaki tidak jarang terlebih dahulu di-starter kaki terlebih dahulu. Katanya sih biar oli motornya cepat naik dan melumasi komponen-komponennya. Tetapi pertaanyaannya adalah benarkah hal tersebut wajib dilakukan?

Apakah memanaskan sepeda motor masih perlu dilakukan?

Jawabannya adalah iya masih perlu dilakukan. Hal ini agar semua komponen mesin harus terlumaskan sehingga siap untuk dipergunakan. Saat sepeda motor tidak dipergunakan untuk waktu yang lama oli di dalam mesin menjadi dingin. Apabila motor langsung digunakan, dikawatirkan menyebabkan pergesekan setiap komponen yang belum terlumuri oli sehingga untuk dalam jangka waktu yang lama beresiko menyebabkan masalah pada mesin.

Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan sepeda motor.

Lalu pertanyaannya adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan sepeda motor? Untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator masih tetap harus dipanasi terlebih dahulu sebelum digunakan setidaknya maksimal 3 menit lamanya, sedangkan motor-motor injeksi harus dipanasi antara 30 detik sampai 1 menit. Perbedaan tersebut dikarenakan sistem stasioner pada motor-motor injeksi akan berjalan otomatis ketika kendaraan dihidupkan. Ketika mesin sudah hidup, maka oli sudah bersirkulasi dengan baik di mesin.

Apakah saat memanaskan sepeda motor perlu meng-geber gas?

Untuk sebagian orang sudah menjadi kebiasaan untuk memutar gas kencang-kencang saat memanaskan sepeda motor. Hal ini tidak disarankan untuk dilakukan, karena tidak ada pengaruhnya sama sekali. Selain tidak ada manfaatnya sama sekali memutar gas kencang-kencang juga menyebabkan bising sehingga mengganggu lingkungan.

Jadi kesimpulannya memanaskan sepeda motor itu perlu untuk dilakukan untuk menjaga pelumasan tetap maksimal. Memanaskan motor tidak harus lama cukup 1 sampai 3 menit. Dan ingat manasin motor jangan gas nya di geber-geber kasian tetangganya terganggu dengan suara bisingnya.

Kalau motornya ada masalah bagaimana.?

Kalau kamu punya keluhan terkait sepeda motormu tekan/tap icon WA di pojok kanan bawah halaman web ini. Kamu bisa langsung chat dengan kami untuk menyampaikan keluhan sepeda motormu.

Di Heronusa bisa service jemput lho. Buka aja menu Service Jemput di halaman website Heronusa, atau download Heronusa App di google play dan app store kemudia cari menu service jemput. Kemudian kamu isi formnya dengan lengkap dan valid. Kemudian motormu kami jemput. Mudah sekali bukan. Yuk dicoba.!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
Salam Satu Hati, ada yang bisa kami bantu?