Penyebab Rem Cakram Kurang Pakem

Rem merupakan komponen yang sangat vital untuk menunjang keselamatan berkendara pada sepeda motor. Untuk sepeda motor keluaran terbaru hampir semua sudah dilengkapi dengan rem cakram, karena dari segi pengereman dinilai lebih pakem dari rem tromol. Tapi bagaimana kalau rem cakram sepeda motormu berasa kurang pakem.?

Ada beberapa faktor penyebab rem cakram motor kurang pakem. Yang paling umum terjadi adalah kampas rem sudah tipis, kualitas kampas rem yang rendah, atau memang ada masalah pada sistem hidraulis rem. Penyebab lain rem cakram motor kurang pakem adalah karena kotoran yang menempel. Tapi begitu kotoran itu tersapu, maka rem pun pakem seperti sebelumnya.

Untuk keselamatan berkendara tentunya hal ini wajib menjadi perhatian. Kondisi rem wajib diperhatikan. Cermati kondisi fisik dari rem cakram motor, baik cakram maupun kampas rem. Pengecekan kampas rem bisa diintip atau dicongkel untuk lihat celahnya. Bila celah kampas rem sudah tidak terlihat di salah satu sisi artinya kampas sudah habis.

Seandainya kondisi kampas rem masih tebal tetapi daya cengkram kurang pakem, bisa jadi karena kualitas kampas remnya rendah. Selalu gunakan kampas rem original untuk menjaga motor selalu dalam kondisi yang selalu bisa diandalkan.

Gelembung udara di saluran rem juga mempengaruhi kurang pakemnya rem cakrammu. Ketika rem bekerja terlalu panas, dapat memanaskan minyak rem hingga mendidih. Hal ini menyebabkan ada udara dari gelembung minyak rem yang mendidih. Gelembung udara itu dapat menahan dorongan minyak rem ke kaliper di selang sehingga berpengaruh pada menurunya kualitas pengereman.

Mengigat rem merupakan komponen vital dalam berkendara, selalu lakukan perawatan rutin di bengkel resmi. Jika kamu sibuk tidak bisa meninggalkan pekerjaanmu di Heronusa ada layanan booking service dan service jemput. Silahkan kunjungi heronusahonda.com kemudian pilih menu booking service atau service kunjung. Atau download Heronusa App tersedia di google play dan app store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
hallo, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by