Lampu Menyala Terus Apakah Menyebabkan AKI Tekor?

Halo sahabat Heronusa. Untuk sepeda motor keluaran terbaru kini semua sudah dilengkapi dengan fitur AHO (Automatic Headlight On) fitur dimana lampu utama pada motor anda akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama kali dihidupkan. Hal ini sebenarnya dilakukan oleh para produsen motor di Indonesia guna mendukung Safety Riding program, sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang mengatakan bahwa: “Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.”

Jadi fitur ini sangat bermanfaat untuk keselamatan berkendara. Namun banyak pengguna yang kawatir akinya cepat tekor karena lampu utama menyala terus sepanjang hari. Benar begitu ga ya?

Dikutip dari Wahana Honda menyalanya lampu tidak memiliki kaitan dengan aki cepat tekornya aki sepeda motor.

Aki sendiri pada kendaraan bermotor termasuk sepeda motor berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan arus satu arah di mana untuk mengisi arus tersebut dapat diperoleh dari generator atau spull. Di dalam aki sendiri terdapat sistem berpola charge dan recharge atau mengisi dan melepaskan. Aki akan langsung bekerja secara otomatis ketika mesin motor dan lampu dihidupkan.

Dalam keadaan seperti itu, aki akan terus menerus menyuplai arus listrik ke komponen lain termasuk lampu dan arusnya sendiri juga terus diisi oleh generator agar tetap seimbang. Adapun ketika menghidupkan motor dan kemudian lampu menjadi putus, hal tersebut dikarenakan terdapatnya pengaksesan idle atau rpm yang cukup tinggi secara mendadak.

Jadi dapat dikatakan, walaupun ada kaitannya antara lampu dengan aki, pemahaman dan persepsi bahwa menyalakan lampu secara terus menerus tersebut dapat membuat aki soak adalah tidak benar karena selama arus pada kumparan terus terisi dengan penuh dan seimbang, maka lampu dinyalakan sesering mungkin pun tidak menjadi satu masalah.

Jadi jangan khawatir aki sepeda motormu jadi tekor karena lampu sepeda motormu menyala terus. Kalau ada masalah terkait aki atau kelistrikan sepeda motormu lebih baik segera periksakan ke Heronusa. Kamu bisa manfaatkan fasilitas booking service atau service jemput Heronusa yang ada pada website Heronusa dan Heronusa App. Atau kamu juga bisa WA kami di 087709888884.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
Salam Satu Hati, ada yang bisa kami bantu?