Penyebab Munculnya Bunyi Berdecit Saat Melakukan Pengereman

Halo semeton Heronusa, semoga semeton semua dalam kondisi sehat semua. Kali ini mimin mau bahas tentang suara berdecit saat melakukan pengereman. Rem merupakan salah satu komponen sepeda motor yang sangat penting sekali bagi keselamatan berkendara. Rem merupakan komponen pertama yang dibutuhkan oleh sepeda motor untuk menghentikan laju sepeda motor kamu, baik itu berhenti secara mendadak ataupun secara perlahan. Hanya saja terkadang kita sering tidak megabaikan kondisinya. Sehingga saat kondisinya aus menyebabkan adanya suara berdecit.

Ada 3 hal yang menyebabkan sepeda motor kamu mengeluarkan suara berdecit saat pengereman.

Yang pertama adalah kampas rem sudah kotor. Kampas rem merupakan salah satu komponen yang terdapat pada piringan rumah rem. Kampas rem inilah yang bertugas menahan ban dan menghentikan laju sepeda motor kamu. Karena posisinya yang ada di dekat ban, menyebabkan komponen ini rawan sekali kemasukan debu. Terlebih kamu sering mengendarai sepeda motor di daerah yang berdebu atau dalam kondisi hujan. Kondisi yang kotor tersebut menyebabkan gesekan antara permukaan kampas dengan bagian penjepitnya, sehingga menimbulkan suara berdecit.

sumber gambar : https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1520243186/uamrfki1tkzcturs7yrr.jpg

Yang kedua adalah piringan cakram tidak rata. Saat kondisi piringan cakram aus akan menyebabkan permukaan piringan cakram tidak rata atau bergelombang. Maka ketika terjadi pengereman, kampas akan emnjepit permukaan yang bergelombang dan membuatnya muncul decitan.

Sumber gambar : https://cdns.klimg.com/otosia.com/resized/650×325/p/headline/650×325/0000468000.jpg

Yang ketiga adalah kampas rem mulai habis. Bunyi decitan yang terjadi saat kampas rem mulai habis disebabkan oleh pergesekan antara besi kampas dengan piringan penjepit. Terkadang dalam kondisi yang lebih parah suara decitan ini tidak hanya terjadi ketika kamu melakukan pengereman, tetapi juga saat roda itu berputar.

Jika kamu mengalami kondisi seperti itu segera lakukan pengecekan. Jika kamu memiliki kemampuan untuk membongkar sendiri, kamu bisa melakukan pengecekan sesuai dengan point yang sudah mimin sebutkan tadi. Tapi jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk membongkar sendiri, mimin saranin lebih baik dibawa ke AHASS terdekat.

Kamu bisa langsung aja ke AHASS Heronusa. Kalau kamu lagi sibuk kamu bisa melakukan booking service sehingga kamu tidak perlu berlama-lama di bengkel hanya untuk menunggu antrian service. Kamu bisa manfaatkan fasilitas booking service melalui Heronusa App kamu bisa download di google play untuk pengguna android dan app store untuk pengguna ios.

Atau bisa juga melalui website Heronusa, tinggal cari menu booking service atau klik logo booking service di bawah ini, kemudian kamu lengkapi formnya setelah itu klik tombol submit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
hallo, ada yang bisa kami bantu ?