Pentingnya Menggunakan Masker Saat Berkendara

Menggunakan masker saat berkendara sangatlah penting. Penggunaan masker tidak hanya wajib digunakan disaat kondisi pandemi seperti saat ini. Saat dikeadaan normal pun penggunaan masker dianggap penting, karena kondisi dijalan dengan debu dan polusi dari kendaraan lainnya tidak baik bagi kesehatan.  Agar berkendaramu sehat dan nyaman kamu wajib menggunakan masker saat berkendara. Berikut manfaat menggunakan masker saat berkendara

Melindungi diri dari polusi

Saat berkendara dijalan raya kita harus berhadapan dengan polusi baik itu berupa debu, bau tidak sedap, atau mungkin bakteri dan virus. Dengan menggunakan masker kita akan lebih terlindungi dan aman saat berkendara

Melindungi dari udara dingin

Manfaat lainnya mengunakan masker saat berkendara adalah melindungi wajah dari udara dingin, terlebih kamu menggunakan helm half face. Dalam hal ini, kamu dapat memilih masker wajah yang membuatmu dapat menghirup napas dengan hangat selama perjalanan, meskipun udara sedang dalam suhu yang sedang dingin.

Berkendara menjadi lebih sehat

Dikutip dari Halodoc ketika kamu menghirup udara bersih, jumlah oksigen dalam aliran darah otomatis akan meningkat. Namun, tidak sebaliknya. Sebagai bahan pertimbangan, berikut zat-zat polutan berbahaya yang kamu hirup ketika berkendara tidak menggunakan masker:

  • Karbon monoksida yang dikeluarkan oleh knalpot dan proses industri lainnya.
  • Nitrogen oksida yang dikeluarkan oleh knalpot. Polutan jenis ini dapat menggelembungkan lapisan paru-paru, sehingga menyebabkan batuk dan iritasi permanen.
  • Ozon yang terbentuk di permukaan tanah yang telah tercampur dengan nitrogen oksida dan gas lainnya. Polutan jenis ini dapat menyebabkan asma, serta iritasi pada mata dan hidung.
  • Timbal di udara yang ada di daerah perindustrian. Polutan jenis ini dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

Banyak banget bukan manfaat mengunakan masker saat berkendara. Dimusim pandemi seperti saat ini pilihan bentuk masker sangat beragam. Pastikan kamu memilih menggunakan masker yang tepat agar perlindungannya maksimal dan nyaman digunakan. Untuk mendapatkan manfaat masker secara maksimal berikut mimin share beberapa tips memakai masker untuk berkendara

Gunakan masker dengan bahan yang nyaman

Untuk melindungi kamu sepanjang berkendara pilihlah bahan masker yang paling nyaman. sehingga kamu tidak merasa pengap. Perhatikan juga tali masker agar tidak membuat daun telingamu sakit karena terlalu kencang. Pilih masker yang tidak terlalu besar atau kecil, sehingga bisa melindungi wajahmu secara maksimal.

Menggunakan masker dengan tepat

Pastikan masker yang kamu gunakan menutup area hidung, mulut sampai ke dagu. Jangan menggunakan masker sedekarnya saja mimin sering menjumpai pengguna masker yang hanya menutup area mulutnya saja bahkan ada yang mimin lihat hanya sampai pada dagunya saja.

Yuk sambut new normal dengan selalu mematuhi protokol kesehatan, agar pandemi ini cepat berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan ?
Salam Satu Hati, ada yang bisa kami bantu?